Polres Pemalang, Jawa Tengah, menggelar jumpa pers pengungkapan kasus peredaran uang palsu, Kamis (25/11/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Mustofa

Wah! Belajar dari YouTube, Petani Asal Indramayu Cetak dan Edarkan Uang Palsu

Kamis, 25 November 2021 - 19:52 WIB

Pemalang, Jawa Tengah - Polres Pemalang, Jawa Tengah gagalkan peredaran ribuan lembar uang palsu atau upal pecahan seratus ribuan dengan total nilai lebih dari 124 juta rupiah. Aparat kepolisian menangkap dua pelaku di dua lokasi berbeda, yaitu di Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dan di Kecamatan Cikenung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Salah satu pelaku berinisial ES, ditangkap saat akan mengedarkan uang palsu di Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, saat mengedarkan uang palsu dengan perbandingan 1:3. Setiap uang 100 ribu uang asli ditukar dengan 300 ribu uang palsu.

Sedangkan pelaku berinisial W merupakan seorang petani ditangkap di Kecamatan Cikenung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Di hadapan polisi W mengaku telah mencetak satu rim uang palsu yang Ia pelajari caranya dari YouTube. W juga mengaku baru dua bulan mencetak dan mengedarkan uang palsu.

"Dapat pelajaran cara membuat uang palsu dari lihat youtube. Awalnya eksperimen dulu, sudah mencetak satu rim, sekitar 1.244 lembar uang palsu 100 ribuan, karena desakan kebutuhan ekonomi," Kata W, saat dihadirkan dalam konfrensi pers di Mapolres Pemalang, Kamis (25/11/2021).

Kapolres Pemalang, AKBP Ari Wibowo dalam konferensi pers tersebut menjelaskan, pengungkapan peredaran ribuan uang palsu tersebut berawal dari laporan warga di Kecamatan Moga, Ppemalang yang mencurigai seseorang dari luar kota yang menawarkan penjualan uang palsu.

"Berawal mula dari laporan masyarakat di wilayah Moga bahwa akan ada yang menjual uang rupiah palsu. Berdasarkan laporan masyarakat ini ditindaklanjuti oleh Satreskrim Polres Pemalang dan berhasil mengamankan tersangka dengan inisial ES pada hari Rabu tanggal 17 november 2021 sekitar pukul 15.00 dan berhasil mengamankan barang bukti  sebanyak 210 lembar uang pecahan  100 ribuan," Ungkap Kapolres Pemalang

Dari penangkapan tersebut, menurut Kapolres, pihaknya mengembangkan dan melakukan penyelidikan ke luar kota, dan berhasil menangkap W di Kecamatan Cikenung Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada tanggal 19 November 2021.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral