Panen Bersama Sekolah Lapang Inovasi Teknologi Proliga.
Sumber :
  • Kurnia

Bangkitkan Ekonomi, Kepri Dorong Sektor Pertanian dengan Program Proliga

Minggu, 28 November 2021 - 16:29 WIB

Karimun, Kepri – Lesunya sektor industri dan pariwisata sejak pandemi Covid-19, mendorong pemerintah Provinsi Kepri untuk membangkitkan sektor pertanian sebagai alternatif membangkitkan ekonomi. Salah satunya dengan program pertanian dari pemerintah pusat yaitu Produksi Lipat Ganda (Proliga).

Peningkatan program pertanian tidak hanya untuk mengisi pasar dalam negeri, akan tetapi pemerintah juga mendorong gerakan-gerakan untuk mengisi pasar yang terbuka lebar di luar negeri.

"Adanya paket-paket di bidang pertanian yaitu Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratiek) dan Produksi Lipat Ganda (Proliga), tentunya program ini kita sambut baik karena program-program seperti ini pasti ada stimulus-stimulus bantuan program dari  Pemerintah Pusat akan didorong ke Daerah," ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad usai Panen bersama Sekolah Lapang Inovasi Teknologi Proliga (Produksi Lipat Ganda) di Kelurahan Tg. Berlian Kota Kundur Utara, Karimun, Sabtu (27/11/2021) petang.

Menurut Gubernur, sektor pertanian hadir secara nyata di tengah-tengah kelesuan sektor industri dan pariwisata yang selama ini berkontribusi bagi daerah. Dimana Kepulauan Riau termasuk salah satu dari 17 pintu pengeluaran ekspor komoditas pertanian.

"Melalui inovasi Proliga ini diharapkan sektor pertanian di Kabupaten Karimun dapat semakin meningkat dan sejahtera," ungkap Ansar.

Lebih lanjut, Gubernur menjelaskan kedepan Pemprov Kepri bersama Bank Indonesia akan bekerjasama  guna memperluas produksi pertanian yang terukur dengan perhitungan yang benar, untuk menghindari over supply saat panen yang akan menimbulkan kelesuan bagi petani untuk mendorong produksinya lagi.

"Jadi memang hari ini bicara pertanian bukan menanam dan menjual saja, tapi kontrolnya di kita (Pemprov) bagaimana menghitung kebutuhan demand supply nya itu," jelas Gubernur Ansar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral