Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di sebuah sekolah di Wonosari, Gunungkidul..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Disdikpora Gunungkidul Lakukan Pembinaan Sejumlah Sekolah Atasi "Learning Loss" Dimasa Pandemi

Senin, 29 November 2021 - 12:59 WIB

Gunungkidul, DIY - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul melakukan pembinaan ke sejumlah sekolah terkait proses pembelajaran. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikpora Gunungkidul, Ali Ridlo, mengatakan, pembinaan dilakukan sebagai upaya mengatasi learning loss pada pelajar.

"Fenomena ini banyak dialami pelajar, karena aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi," ujar Ali, Minggu (28/11/2021).

Learning loss adalah istilah karena hilangnya pengetahuan dan keterampilan pada pelajar. Fenomena ini secara otomatis turut mempengaruhi kemampuan akademik pelajar.

Karena learning loss jadi sorotan Mendikbudristek, maka sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

"Harus ada metode yang membuat pelajar jadi cerdas dan berkarakter, tapi tentunya tanpa tekanan sehingga daya nalar, kreatifItas, dan inovatifnya bisa muncul," jelasnya.

Ali berharap sekolah bisa jadi rumah kedua bagi pelajar, artinya anak didik tidak merasa terbebani dengan berbagai kegiatan pembelajaran yang diberikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
00:52
02:08
02:13
01:10
Viral