Warga manggunakan perahu di tengah jalan perkampungan saat puncak air Rob Selasa (30/11/2021) siang.
Sumber :
  • Tim tvOne - Otong Susilo

Banjir Rob Landa Dua Kecamatan di Kabupaten Brebes

Selasa, 30 November 2021 - 15:02 WIB

Brebes, Jawa Tengah – Sejumlah Desa di dua Kecamatan di Kabupaten Brebes hampir setiap tahunnya menjadi langgananan banjir Rob. Namun, banjir rob kali ini dinilai paling parah.

Di Kecamatan Brebes, banjir rob terjadi di Desa Randusanga Kulon dan Desa Randusanga Wetan. Sedangkan, banjir rob di Kecamatan Losari, terjadi di Desa Prapag Lor dan Desa Prapag kidul.

Kepala Desa Randusanga Kulon, Afan Setiono mengatakan, air rob mulai memasuki rumah dan sejumlah ruas jalan desa, sekira pukul 04.00 WIB hingga pukul 11.000 WIB, baik di Desa Randusanga Kulon maupun Desa Randusanga Wetan.

“Banjir rob mulai menggenangi desa kami, sekitar jam 4 pagi. Hari ini terparah dibandingkan banjir rob yang sebelumnya. Tidak hanya ratusan rumah warga kami, bahkan sebagian tambak dan ruas jalan di desa kami sudah tertutup air rob sampai setinggi 60 centimeter ” kata Afan Setiono saat dihubungi tvonenews.com, Selasa (30/11/2021).

Penyebab banjir Rob masuk ke pemukiman di wilayahnya menurut Kades karena kondisi sungai Sigeleng yang berada di sebelah barat desa mengalami pendangkalan, akibatnya air Rob dari laut masuk ke pemukiman melalui sungai ini.

Pihaknya sudah mengusulkan berkali kali ke Pemerintah Kabupaten Brebes namun hingga saat ini tidak pernah ada tanggapan

" kami dari desa sudah puluhan kali mengusulkan agar ada pengerukan sungai Sigeleng ke Pemkab tapi tidak pernah direspon '' ujar Afan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral