Sutradara Indonesia Mouly Surya merupakan sutradara perempuan pertama yang meraih penghargaan Kurosawa Akira Award.
Sumber :
  • Antara

Mouly Surya, Sutradara Perempuan Pertama Raih Anugerah Bergengsi Kurosawa Akira Award

Rabu, 1 November 2023 - 19:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sutradara Indonesia Mouly Surya merupakan sutradara perempuan pertama yang meraih penghargaan Kurosawa Akira Award dalam Tokyo International Film Festival (TIFF) 2023 di Tokyo, Selasa (31/10) malam.

“Ini adalah penghargaan kehormatan pertama saya dan betapa luar biasanya (tropi) ini terukir nama besar dalam sinema Asia. Ini adalah Akira Kurosawa. Terima kasih banyak,” kata Mouly dalam sambutannya saat menerima penghargaan.

Mouly dinilai sebagai salah satu sutradara muda yang berpengaruh dan memberikan kontribusi bagi dunia perfilman dan diharapkan dapat memandu industri film di masa depan.

Nama sutradara itu tidak terlepas dari karya fenomenal Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak yang mengantarkan berbagai penghargaan.

“Saat saya membuat film Marlina, Si Pembunuh Empat Babak, karya-karya Kurosawa ada dalam pikiran saya ketimbang kritik dan klaim penonton yang mengatakan itu dipengaruhi oleh Quentin Tarantino,” katanya yang didampingi produser Rama Adi.

Dia menyebut film-film Kurosawa Akira, seperti Seven Samurai (1954) dan Rashomon (1950) lah yang menginspirasi film yang dibintangi Marsha Timothy itu.

Mouly merupakan sutradara perempuan pertama yang menerima penghargaan sejak anugerah itu diberikan mulai 2004.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:24
01:33
03:57
11:28
10:12
Viral