Luncuran Guguran Lava Pijar Gunung Merapi pada Periode Pengamatan Kamis 2 Desember 2021.
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Gunung Merapi Luncurkan 5 Kali Guguran Lava pada Kamis Siang 2 Desember 2021

Kamis, 2 Desember 2021 - 14:21 WIB

Yogyakarta, DIY - Aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali terpantau meluncurkan guguran lava pijar. Guguran lava pijar meluncur sebanyak lima kali ke arah Barat Daya pada Kamis (2/12/2021) siang.

Secara visual, pagi ini Gunung Merapi tampak jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 200-300 meter di atas puncak kawah. Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mengamati adanya guguran lava ke arah Barat Daya dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter sebanyak lima kali. 

Dari data kegempaan, Gunung Merapi menunjukkan gempa Guguran sebanyak 51 kali, gempa Hembusan sebanyak 3 kali, gempa Hybrid/Fase sebanyak 11 kali dan Vulkanik Dangkal sebanyak 1 kali. 

Hingga kini, Gunung Merapi masih berstatus siaga atau Level III. BPPTKG Yogyakarta merekomendasikan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor Tenggara - Barat Daya sejauh maksimal tiga kilo meter ke arah Sungai Woro dan sejauh lima kilo meter ke arah Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. Sedangkan, lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilo meter dari puncak. 

BPPTKG juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya, mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar Gunung Merapi. 

Sementara, penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III direkomendasikan untuk dihentikan dan  pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh lima kilo meter dari puncak Gunung Merapi. 

Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali oleh BPPTKG Yogyakarta. (Nuryanto/dan) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral