Aktivitas Gunung Merapi, Pantauan kamera CCTV BPPTKG Yogyakarta, Minggu (5/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Sejak Tadi Malam, Gunung Merapi Luncurkan Lima Kali Guguran Lava Pijar

Minggu, 5 Desember 2021 - 10:20 WIB

Yogyakarta, DIY - Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali meluncurkan guguran lava pijar. Dalam enam jam teramati guguran lava pijar sebanyak 5 kali. 

Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyebutkan dari pengamatan Minggu 5 Desember 2021 sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, secara visual Merapi tampak kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. 

Aktivitas Gunung Merapi juga teramati Guguran lava pijar 5 kali jarak luncur maksimal 1.800 meter ke arah barat daya.
Data kegempaan menunjukkan gempa Guguran 33 kali dengan Amplitudo 3-12 mm dan Durasi : 23.8-180.5 detik. Tingkat aktivitas Gunung Merapi hingga kini masih ditetapkan pada Level III (Siaga) 

Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta merekomendasikan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. 

Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya dan agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.
Penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. 

Sementara pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi. Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali. (Nuryanto/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral