Petugas BPPTKG Yogyakarta terus memantau aktivitas Gunung Merapi (dokumentasi).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Hari Ini Gunung Merapi Tercatat Aktivitas Kegempaan, Visual Teramati Tertutup Kabut

Senin, 6 Desember 2021 - 09:45 WIB

Yogyakarta, DIY -  Aktivitas Gunung Merapi di Perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta hingga kini terus dipantau petugas Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta. 

Dari periode pengamatan Senin (6/12) Merapi tertutup kabut, namun tercatat di seismogram aktivitas kegempaan guguran. Secara visual, pagi ini Gunung Merapi teramati berkabut 0-II hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. 

Sementara dari data seismogram, selama enam jam dari pukul 00.00 hingga.06.00 WIB, aktivitas Merapi terjadi kegempaan berupa gempa Guguran sebanyak 32 kali. Hingga kini, tingkat aktivitas Gunung Merapi masih ditetapkan pada Level III atau Siaga. 

BPPTKG Yogyakarta merekomendasikan  potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. 

Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya, dan agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. 

Sementara penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan, begitu juga pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi. 

Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali. (Nuryanto/Buz).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral