Bupati Halikinnor saat membuka kegiatan Raker Forsesdasi Provinsi Kalteng, dimana Kotim sebagai tuan rumah.
Sumber :
  • Istimewa

Kotawaringin Timur Tuan Rumah Raker Forsesdasi Provinsi Kalteng

Selasa, 5 Desember 2023 - 15:38 WIB

Kotawaringin Timur, tvOnenews.com - Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi tuan rumah rapat kerja Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi yang bisa mendukung penyelenggaraan pemerintah di daerah masing-masing.

“Ini adalah suatu kehormatan bagi kami dipercaya menjadi tuan rumah Raker Komwil Forsesdasi Kalteng tahun 2023, saya berharap rapat ini dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi berkaitan dengan pemerintah daerah,” kata Bupati Kotim Halikinnor di Sampit, saat membuka kegiatan ini, Kamis (30/11/2023), di aula Rumah Jabatan Bupati Kotim.

Kegiatan itu dihadiri oleh , Sekretaris Daerah (sekda) kabupaten/kota se-Kalteng, Asisten Administrasi Umum Setda Kalteng Sri Suwanto yang mewakili Sekda Kalteng Nuryakin dan forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) Kotim.

Menurut Halikinno, Forsesdasi merupakan perwujudan tanggung jawab dan amanah yang diemban setiap sekda untuk membantu kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sebab Forsesdasi adalah wadah yang dibentuk oleh para sekda yang bertujuan untuk saling membantu, dan bersatu padu serta dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan nasional hingga daerah dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sekda merupakan pimpinan dari sekretariat daerah yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada gubernur, walikota/bupati serta sebagai pimpinan eksekutif tertinggi dalam menjalankan peran strategis pemerintah daerah. 

“Karena itu seorang sekda harus mampu berperan sebagai koordinator, regulator, fasilitator, evaluator serta inspirator maupun motivator dalam memimpin sekretariat daerah,” kata Halikinnoor.

Sekda sebagai perpanjangan tangan dari kepala daerah untuk menerjemahkan segala visi misi kepala daerah ke dalam penyelenggaraan pemerintahan, diharapkan bisa melihat secara komprehensif mengenai tata penyelenggaraan pemerintahan yang baik atau good governance.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
Viral