Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen. Pol. Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose, resmi membuka workshop bertajuk "Human Rights in Policing and Investigative Interviewing" di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (5/12)..
Sumber :
  • Istimewa

BNN Gelar Workshop International: Kedepankan Prinsip Hak Asasi Manusia Dalam Investigasi Narkotika

Selasa, 5 Desember 2023 - 18:03 WIB

tvOnenews.com - Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen. Pol. Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose, resmi membuka workshop bertajuk "Human Rights in Policing and Investigative Interviewing" di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (5/12). Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang penyidik narkotika dari berbagai negara di kawasan ASEAN, termasuk Indonesia. 

Dalam sambutannya, Komjen. Pol. Prof. Dr. Petrus R. Golose menyampaikan terimakasihnya kepada para pembicara, peserta, serta pejabat UNODC Indonesia yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Ia menekankan pentingnya Teknik Wawancara Investigatif guna mengumpulkan informasi yang akurat dan terpercaya dalam mengungkap tindak pidana narkotika.

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kita tentang prinsip-prinsip hak asasi manusia serta keterampilan yang dibutuhkan dalam melakukan wawancara investigasi yang efektif dalam mengungkap kasus-kasus narkotika," ucapnya.

Lebih lanjut, Jenderal Bintang Tiga yang meraih gelar professor dalam ilmu investigasi kepolisiannya ini menekankan pentingnya memiliki kemampuan wawancara investigasi yang adil dan objektif dengan mengedepankan kerangka hukum hak asasi manusia, prinsip non-diskriminasi dan kesetaraan tanpa menggunakan upaya kekerasan. 

Sejalan dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan yang diprakarsai oleh Deputi Hukum dan Kerjasama BNN RI ini, upaya memberikan pemahaman prinsip hak asasi dalam wawancara investigasi merupakan komitmen Indonesia sebagai anggota ASEAN yang turut menyuarakan Deklarasi Hak Asasi Manusia ASEAN 2012.  

"Terlepas dari tujuannya, sangat penting bagi kita untuk melakukan wawancara dengan memegang teguh nilai hak asasi manusia dan kerangka hukum demi melindungi masyarakat dari narkotika," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral