Transjatim : Transportasi Modern dengan Fasilitas Aman, Nyaman, dan Canggih.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Transjatim : Transportasi Modern dengan Fasilitas yang Aman, Nyaman, dan Kecanggihan Teknologi Masa Kini

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:59 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Bertujuan membantu mobilitas masyarakat Jawa Timur dengan memberikan layanan yang prima, kini Transjatim kian menjadi moda transportasi dambaan. Program yang digagas oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur ini, telah diresmikan sejak tahun 2022 oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Genap satu tahun beroperasi, load factor Transjatim khususnya pada Koridor I telah mencapai 115% atau setara 5000-6000 penumpang per hari. Hal ini dikarenakan Transjatim didukung dengan beragam fasilitas yang menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang. Diantara fasilitasnya yaitu CCTV, Kamera Artificial Intelligence (AI), Kursi Prioritas yang ramah disabilitas, Hand Grip, Running Teks, Videotron, dan Kotak P3K. Harga tiket bus Transjatim dipatok Rp5000 untuk umum dan Rp2500 untuk pelajar, santri, dan mahasiswa.

Adapun total armada yang dijalankan pada masing-masing koridor yaitu 30 bus Koridor I dan 2 bus cadangan, 20 bus Koridor II dan 2 bus cadangan, dan 20 bus Koridor III dan 2 bus cadangan.

Transjatim juga telah meluncurkan aplikasi Transjatim-AJAIB yang dapat mengetahui informasi posisi bus, rute, halte, serta jumlah penumpang secara realtime. Dalam aplikasi tersebut juga tersedia fitur layanan aduan, dimana penumpang dapat menyampaikan saran untuk Transjatim melalui aplikasi. 

Tersedia pula artikel menarik yang berisi berita-berita terupdate seputar Transjatim dan yang dapat dibaca oleh pengguna aplikasi. Aplikasi Transjatim-AJAIB bisa didapatkan melalui Google Playstore dan Appstore dan kini telah diunduh sebanyak 100.000 lebih pengguna dan telah menduduki peringkat 9 dunia Kategori Navigasi Versi iOS.

“Dishub Jatim akan terus meningkatkan layanan dan sistem transportasi secara terakumulasi, terintegrasi di wilayah aglomerasi Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan),” ungkap Nyono, Kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. 

Diharapkan dengan adanya bus Transjatim ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat Jawa Timur untuk menurunkan angka kecelakaan korban meninggal dunia, mengurangi tingkat kemacetan, dan mengurangi tingginya polusi udara yang disebabkan banyaknya emisi gas buang dari penggunaan kendaraan pribadi di Jawa Timur. (hen)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral