Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • Antara

Gibran Dorong Dana Hibah Santri Bisa Diterapkan Secara Nasional

Sabtu, 9 Desember 2023 - 15:53 WIB

tvOnenews.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menginginkan untuk mendorong dana hibah pesantren yang telah diterapkan di Solo dapat diadopsi secara nasional.

“Karena ini sudah jalan, otomatis harus kita nasionalkan programnya,” ujar Gibran dalam sesi wawancara ‘Info A1’ di salah satu kanal YouTube, dikutip Sabtu, (9/12).

Gibran menjelaskan, dana hibah pesantren tersebut sudah dimasukkan ke dalam peraturan daerah (Perda) di Solo. Hal ini bertujuan agar kualitas santri mampu terupgrade atau meningkat, mengikuti perkembangan zaman.

“Dana abadi pesantren sebenarnya kan di Solo ada perdanya. Perda hibah pesantren namanya,” jelasnya.

“Kita kan memang harus dampingi pesantren. Tiap pesantren beda-beda (dana hibah), sih, tapi yang penting santrinya bisa lebih terupgrade,” tambahnya.

Menurut Gibran, membicarakan tentang generasi emas yang terdiri dari milenial dan gen-Z, tidak boleh melupakan para santri. Ia mengatakan, santri harus bisa menjawab tantangan zaman, terlebih pada era revolusi industri 5.0 ini.

“Kalau sekarang ada revolusi industri 5.0, ya santrinya harus 5.0 juga. Santri kan pasti pintar mengaji, dakwah, mereka paling tidak harus mengerti perkembangan zaman juga,” kata Gibran.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral