Rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta bersama PT TransJakarta, Senin (6/12/2021).
Sumber :
  • Antara

Kecelakaan TransJakarta Berturut-turut, DPRD DKI Instruksikan Restrukturisasi

Selasa, 7 Desember 2021 - 06:53 WIB

Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menginstruksikan restrukturisasi organisasi Direksi PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), setelah terjadi kecelakaan bus TransJakarta berturut-turut.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Azis juga menyarankan ada penanggung jawab khusus pada bidang keselamatan di PT TransJakarta.

"Yang pertama adalah harus diadakan reorganisasi struktur dan harus ada penanggung jawab di bidang keselamatan. Itu yang pertama," kata Abdul Azis di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/12/2021).

Kedua, Azis mengusulkan audit total terhadap seluruh armada TransJakarta yang terlibat kecelakaan dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), serta informasi terbaru dari audit tersebut untuk memudahkan rekomendasi selanjutnya.

Ketiga, Komisi B DPRD meminta TransJakarta meninjau ulang perusahaan operator yang tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan menindak tegas jika melanggar aspek keselamatan.

"Jangan ragu-ragu apabila ada operator yang tidak memenuhi SPM ini agar ditindak. Ini juga harus dipertanggungjawabkan ketiga rekomendasi ini dari Komisi B," ujar Azis.

Dalam kurun waktu 40 hari, setidaknya ada lima kecelakaan yang melibatkan layanan TransJakarta, yakni di Halte Cawang Jakarta Timur yang menyebabkan sopir dan penumpang bus TransJakarta meninggal dunia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral