Soroti Dwi Kewarganegaraan dan Kontribusi Diaspora di Luar Negeri, AMIN: Bagaimananya?.
Sumber :
  • istimewa - Antara

Soroti Dwi Kewarganegaraan dan Kontribusi  Diaspora di Luar Negeri, AMIN: Bagaimananya? 

Minggu, 10 Desember 2023 - 21:49 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Paslon Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin (AMIN) menyoroti isu dwi kewarganegaraan, serta kontribusi diaspora di luar negeri.

“Bagaimana diaspora ini diberdayakan dengan karena banyak yang sukses, termasuk dengan isu-isu dwi kewarganegaraan,” kata Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera, Muhammad Iqbal dalam deklarasi dukungan untuk Paslon AMIN di Tokyo, Minggu (10/12/2023).

Muhammad Iqbal mengatakan, belum ada pembahasan spesifik terkait hal itu, tetapi banyak sisi positif, terutama terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas di luar negeri.

“Isu global citizenship ini sangat penting bagaimana setiap negara memiliki SDM yang berada di luar negeri baik itu keturunan maupun warga negara Indonesia dan mereka bisa membantu mengembangkan potensi Indonesia, termasuk dalam pembangunan SDM,” pungkasnya.

Iqbal mengaku, tidak setuju dengan adanya kewajiban WNI, terutama pelajar yang harus pulang ke Indonesia sebagai bentuk pengabdian dan kontribusi.

“Saya kira secara pribadi tidak setuju harus pulang karena yang penting adalah kontribusinya karena pulang pun di Indonesia pemerintah belum bisa memberi ruang kepada mereka. Mereka belum tentu dapat pekerjaan nanti saya bekerja apa di Indonesia,” katanya.

Iqbal yang juga mantan diaspora itu menekankan untuk bagaimana menanamkan tanggung jawab secara personal dan profesional kepada para diaspora di luar negeri.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:13
04:52
03:06
08:23
01:23
01:35
Viral