Akibat hujan deras ditambah air laut pasang banjir melanda sebagian wilayah di jalan dan permukiman di kawasan Koba Provinsi Bangka..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Frendy

Banjir Melanda Bangka Tengah, BPBD Bateng Imbau Warga Berok Waspadai Banjir Rob

Selasa, 7 Desember 2021 - 18:41 WIB

Bangka Tengah - Akibat hujan deras ditambah air laut pasang banjir melanda sebagian wilayah di jalan dan permukiman di kawasan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Bangka.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) imbau warga Kelurahan Berok Kecamatan Koba  mewaspadai Banjir Rob sepanjang bulan Desember 2021.
 
Kepala Pelaksana BPBD Bateng, Yudhi Sabara mengatakan saat ini permukaan air laut meninggi, hingga berpotensi menimbulkan Banjir Rob.

"Salah satu titik berpotensi terjadi Banjir Rob berada di Kelurahan Berok," kata Yudhi, Selasa (7/12/2021).
 
Menurutnya, siang hari sekira pukul 13.00 WIB, Selasa (07/12/2021) air laut  meluap hingga ke Sungai Berok, dan mengakibatkan jalan raya Berok banjir dengan kedalaman selutut orang dewasa.
 
"Sekarang anggota kami bersama relawan ‘standby’ di jalan raya Berok. Mereka bertugas mengatur lalulintas dijalan raya. Merka siap membantu kendaraan yang mogok, ataupum pengguna jalan raya yang membutuhkan proses evakuasi," kata Yudhi.
 
Yudhi menyebut Banjir Rob berpotensi menggenangi pemukiman, jika permukaan air laut terus meninggi. Dengan demikian, sepanjang bulan Desember 2021 ini pihaknya mengimbau warga Berok agar mewaspadainya.
 
"Jika air terus meninggi, segeralah mengungsi ke tempat kerabat atau saudara lain yang rumahnya tidak berpotensi banjir," ungkapnya.
 
Selain Kelurahan Berok, titik lain berpotensi banjir Rob yakni berada di Pal 4 Desa Penyak, Desa Kurau dan Kurau Barat Kecamatan Koba. Lubuk Laut Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar, Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru, Kelurahan Sungaiselan Kecamatan Sungaiselan.
 
"Kami akan terus memantau perkembangan di lapangan dan segera menerjunkan anggota dalam jumlah besar jika sewaktu-waktu Banjir Rob menggenangi pemukiman penduduk," jelasnya.
 
Pemantauan sejauh ini, kata Yudhi tidak ada korban jiwa. Lalulintas di jalan raya masih terlihat normal. Pemukiman yang terendam banjir Rob berada di Batu Belubang dan Kurau Barat.
 
"Sekali lagi, waspadi banjir Rob," pungkasnya. (Frendy/Lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral