Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS), Anthony Leong..
Sumber :
  • Istimewa

Cawapres Gibran Konsisten Raih Ekspos dan Sentimen Positif Tertinggi di Media Sosial

Sabtu, 30 Desember 2023 - 20:53 WIB

tvOnenews.com - Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS), Anthony Leong memaparkan bahwa data ekspos Cawapres Gibran Rakabuming Raka tertinggi dari Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar.

Data tersebut berasal dari Menara Digital Dashboard Monitoring periode 22-25 Desember 2023 berdasarkan dari Debat Cawapres, beberapa waktu lalu.

"Mas Gibran mendapatkan ekspos sebesar 137.573, tertinggi dari Muhaimin dan Mahfud MD, Mahfud 116.013 dan Muhaimin 63.378. Data yang diambil dari media sosial dan media online. Ini imbas karena dikira Mas Gibran takut debat ternyata sangat luar biasa. Kalau bahasa di medsos yang lagi viral dikira cupu ternyata suhu," ujar Anthony pada keterangannya (30/12).

Pakar Digital itu mengatakan berdasarkan monitoringnya, Gibran meraih sentimen positif tertinggi. Gibran dinilai sangat menghargai 'lawan' debatnya yang memang lebih senior. Seperti diketahui Mahfud MD merupakan pakar hukum senior dan Muhaimin adalah ketua partai dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Gibran mendapatkan sentimen positif sebesar 66%, Sentimen Negatif, 20%, dan sentimen netral 14%. Mahfud MD meraih Sentimen Positif 60%, Sentimen negatif 21%, sentimen netral 19%. Sedangkan Cak Imin Sentimen Positif 44%, Sentimen negatif 42%, dan sentimen netral 14%.

"Ini membuktikan bahwa Mas Gibran mampu menjaga hubungan baik dan norma kesopanan. Dari debat ini dan reaksi di media sosial, kita bisa lihat bagaimana seorang pemuda milenial dari Solo mampu mengalahkan debat perang gagasan dengan seniornya profesor dan seorang Ketua Umum partai selama 18 tahun. Kalau dilihat memang Muhaimin yang punya sentimen negatif terbesar," jelas Anthony.

Sebagai tokoh muda, Gibran memang memiliki cukup pengalaman karena berhasil menghidupkan ekonomi kota Surakarta saat menjabat sebagai Wali Kota. Gibran mendapatkan sentimen positif dalam komposisi isu Menggenjot Hilirisasi Digital Menuju Indonesia Emas. Lalu ia juga menekankan transformasi pembangunan Indonesia yang harus diwujudkan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral