Terkuak, Sindikat Love Scamming Internasional, Raup Rp50 Miliar Per Bulan.
Sumber :
  • istimewa

Terkuak, Sindikat Love Scamming Internasional, Raup Rp50 Miliar Per Bulan

Jumat, 19 Januari 2024 - 20:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Bareskrim Polri bongkar sindikat penipuan modus love scamming jaringan internasional.  Bahkan mengerikan sekali, karena sindikat ini mampu meraup Rp50 miliar per bulan dari aksi kejahatannya.

"Kami amankan 19 warga negara Indonesia yang terdiri dari 16 laki-laki dan 3 perempuan. Kemudian kami dapatkan juga dua orang warga negara asing laki-laki," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro, dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/1/2024).

Sindikat love scamming ini beraksi lewat aplikasi kencan online. Penangkapan dilakukan di salah satu apartemen di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Rabu (17/1) dini hari.

Djuhandhani jelaskan, bahwa penyidik telah menetapkan 3 tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah dua warga China dan satu warga Indonesia.

"Kami melihat perannya warga negara Indonesia yang ada ini, adalah sebagai pelaku eksekutornya. Kemudian dua orang warga negara asing, termasuk yang sekarang sedang dilaksanakan pemeriksaan itu, perannya adalah menyiapkan peralatan yang ada ini. Kemudian yang satu lagi adalah tugasnya memberikan pembayaran kepada para pelaku. Dan satu orang adalah sebagai pimpinannya atau yang ada di yang memimpin di sini," ucap Djuhandhani.

Selain itu, Dhujandhani jelaskan, ada satu warga Indonesia dan 367 warga asing yang menjadi korban love scamming dari sindikat ini. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral