Akademisi, Syarif Maulana.
Sumber :
  • Istimewa

Cegah Perbuatan Bunuh Diri, Akademisi Ingatkan Pentingnya Wisata dan Olahraga

Jumat, 19 April 2024 - 01:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Selebgram asal Jakarta Selatan berinisial FM alias MJ memilih bunuh diri dengan menyiarkan secara langsung pada akun media sosialnya. 

Akademisi Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Parahyangan, Syarif Maulana menyinggung soal kondisi pemuda Indonesia yang rentan memiliki gangguan mental.

“Melihat Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, disampaikan bahwa lebih dari 19 juta penduduk Indonesia usia lebih dari 15 tahun memiliki gangguan mental emosional,” kata Syarif dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (18/4/2024)

“Selain itu, lebih dari 12 juta penduduk dengan rentang usia sama mengalami depresi. Gangguan mental seperti ini dapat menjadikan penderita melakukan aksi nekat seperti bunuh diri,” sambungnya. 

Founder Komunitas Filsafat Kelas Isolasi itu menyebut salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental adalah memanfaatkan waktu luang. 

Syarif turut serta meyinggung pandangan Filsuf Aristoteles terkait menjaga kesehatan mental.

“Dalam pandangan Aristoteles, waktu luang menempati posisi penting dalam usaha mencapai keutamaan (eudaimonia). Seseorang baru bisa mewujudkan kepenuhan hidup dan batinnya, jika mampu bergerak dan berkarya di dalam waktu senggang,” katanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral