Bencana angin puting beliung menimpa warga Bandungan, Kab Semarang, Senin (27/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Puncak Musim Penghujan, BPBD Kab.Semarang Petakan 12 Wilayah Rawan Bencana

Rabu, 29 Desember 2021 - 12:34 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Memasuki puncak musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sudah mulai memetakan puluhan desa dan kelurahan di wilayah setempat yang rawan bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto menjelaskan ada sejumlah daerah di Kabupaten Semarang diketahui merupakan daerah yang rawan bencana dan tersebar di 12 wilayah kecamatan. Pihaknya menyiagakan anggota hingga terus melakukan monitoring ke kecamatan waspada bencana.

" Dari pemetaan daerah rawan bencana di Kabupaten Semarang ada 3 kategori kerawanan yaitu, banjir, longsor dan angin kencang. Untuk longsor kerawanan ada di Kec. Banyubiru, Jambu, Sumowono, Bandungan, dan Ungaran Timur. Untuk kerawanan angin kencang ada di Kec. Kaliwungu, dan Susukan. Sedangkan rawan banjir ada di kawasan sekitar rawapening, seperti Banyubiru, Tuntang dan Ambarawa, "jelas Heru. 

Saat memasuki puncak musim hujan di awal bulan Januari, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu ekstra waspada. Banjir, longsor dan angin kencang bisa terjadi sewaktu waktu, diminta kepada para Camat untuk segera melaporkan jika ada kejadian diwilayahnya agar penanganan bisa dilakukan dengan cepat. 

" Agar camat bisa melaporkan dengan cepat ke BPBD. Saat ini kita mamsuki puncak musim hujan. Sehingga diperkirakan curah hujan akan terus bertambah. Dan biasanya akan disertai dengan angin dan petir. Dampak ke masyarakat seperti pohon tumbang, puting beliung dan banjir luapan air hujan, "ujarnya.

Saat ini beberapa laporan mengenai dampak dari bencana sudah diterima BPBD, seperti rumah rusak akibat pohon tumbang, rumah rusak akibat angin kencang dan longsor. 

" Kemarin ada beberapa kejadian akibat hujan deras yang disertai dengan angin kencang. Sebuahrumah dilaporkan rusak akibat pohon tumbang dan beberapa rumah rusak akibat angin kencang. Dua kejadian ini terjadi di dua kecamatan. Selain itu ada longsor juga namun tidak samoai menimbulkan kerugian untuk masyarakat, "imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral