KAGAMA luncurkan program telekonseling COVID-19 gratis.
Sumber :
  • ANTARA

Keluarga Alumni UGM Rilis Telekonseling COVID-19 Gratis

Minggu, 25 Juli 2021 - 13:54 WIB

Jakarta, 25/7 - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) meluncurkan program telekonseling untuk alumni UGM dan keluarganya yang tertular COVID-19 khususnya yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat KAGAMA, AAGN Ari Dwipayana dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (25 Juli 2021), mengatakan hal itu sebagai respons atas makin meningkatnya jumlah alumni UGM dan keluarganya yang terinfeksi COVID-19 mulai dari yang jatuh sakit sampai meninggal dunia. Bantuan tersebut diberikan secara gratis dalam bentuk memfasilitasi dukungan keperluan medis serta psikologis.

Ari mengatakan tujuan Kagama Telekonseling untuk membantu pemerintah dalam menangani kasus COVID-19 di Indonesia. Selain itu tujuannya juga untuk mensinergikan dan mempercepat upaya PP KAGAMA membantu anggota KAGAMA dan keluarganya yang terdampak COVID-19. “Tujuan penting lainnya, sebagai intervensi edukasi terhadap alumni UGM dan keluarganya yang sedang isolasi mandiri dalam bidang medis dan psikososial. Mengurangi risiko kesehatan dan dampak lebih buruk akibat virus COVID-19,” kata Ari.

Koordinator Staf Khusus Presiden itu mengatakan, sebagai realisasi dari tujuan tersebut Kagama Telekonseling berfokus pada beberapa kegiatan. Pertama, menyiapkan dan mengirimkan set medical kit COVID-19 kepada alumni UGM dan keluarganya yang tertular COVID-19.

Kedua, memberikan pendampingan dan edukasi secara daring kepada alumni UGM dan keluarganya yang sedang menjalani isolasi mandiri. Adapun, caranya dengan memanfaatkan aplikasi media sosial grup WhatsApp, pertemuan daring melalui zoom, dan kegiatan produktif dan rekreatif secara daring lainnya, seperti aktifitas Yoga bersama. "Konseling onlinenya sendiri sudah dimulai pada 5 Juli 2021," katanya

Menurut dia ada 560 peserta terdaftar yang terbagi dalam 20 grup WhatsApp di mana pada setiap grup didampingi oleh satu dokter dan satu psikolog. "Untuk kelancaran jalannya konseling online ini, kami menggandeng Kagama Kedokteran dan Ikatan Psikolog Klinis Indonesia,” kata Ari.

Ari mengatakan, kegiatan edukasi melalui webinar selain dikhususkan pada alumni UGM dan keluarganya juga ditujukan kepada masyarakat secara umum. Fokus kegiatan webinar untuk meminimalisir risiko lebih serius pada yang tertular dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral