Kominfo dan tvOne Gelar Webinar Cermat Bermedia Sosial.
Sumber :
  • tvone

Kominfo dan tvOne Gelar Webinar Cermat Bermedia Sosial 

Rabu, 1 September 2021 - 21:53 WIB

Jakarta - Webinar dengan tema "Cermat Bermedia Sosial" dilaksanakan oleh Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo yang berkerja sama dengan tvOne, dan menghadirkan beberapa narasumber. Dari Kominfo diwakilkan oleh Usman Kasong Dirjen. Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Penggiat Media Sosial Ndoro Kakung , Influencer dr. Nadia Alaydrus dan komika Nopek Novian. Webinar ini dipandu oleh pembawa acara talk show Indonesia Business Forum tvOne Brigitta Manohara. 

Webinar ini dibuka dengan aksi komika Nopek Novian. Dalam webinar ini, Dirjen. Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kasong, membahas mengenai kebijakan bermedia sosial di Indonesia dan memberikan nasihat kepada para peserta webinar yaitu mahasiswa. Usman Kasong juga menjelaskan program literasi kominfo dan bagaimana pemerintah memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan informasi.

Pemerintah mencoba meningkatkan literasi masyarakat dengan pendekatan dari hulu ke hilir. Dari hulu kominfo menggencarkan program literasi digital agar masyarakat lebih kritis dalam menanggapi konten-konten di media sosial, dan juga agar dapat memproduksi konten-konten yang positif. Sedangkan di hilirnya pemerintah mencoba meluruskan misinformasi yang beredar melalui kontra narasi, berkerja sama dengan platform media sosial untuk menghapus konten hoaks, hingga melakukan penegakkan hukum. Semua demi tercapainya literasi yang baik di masyarakat.

Penggiat Media Sosial Ndoro Kakung juga membagi pengetahuan mengenai kiat-kiat produktif dalam memanfaatkan media sosial, khususnya di era new normal saat ini. Lalu bagaimana menghasilkan konten-konten positif dengan memanfaatkan media sosial. Ndoro Kakung juga berbicara mengenai tren media sosial secara umum di Indonesia. Ndoro Kakung juga menegaskan, konsumsilah konten-konten positif yang menginspirasi dan mengilhami, agar memberi dampak positif juga di kehidupan kita. Sebaliknya hindari konsumsi konten-konten negatif yang dikhawatirkan dapat mempengaruhi kesehatan kita.

Webinar ini semakin lengkap dengan pembahasan Influencer dr. Nadia Alaydrus, yang menjelaskan konten-konten positif yang dapat dibuat dan dibagikan. Sebagai seorang dokter, Nadia juga bercerita strategi menyampaikan informasi di media sosial dari sudut pandang kedokteran. Salah satu tantangan adalah ketika berhadapan dengan orang-orang yang tidak mau divaksin, karena masih banyak orang-orang yang termakan hoaks soal vaksin. Nadia menegaskan carilah sumber-sumber yang kredibel, apalagi informasi kesehatan.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral