Pantai dan Laut Tuban Tercemar Sampah.
Sumber :
  • tim tvone

Pantai dan Laut Tuban Tercemar Sampah

Kamis, 9 September 2021 - 06:23 WIB

Tuban Jatim - Sampah plastik dan limbah rumah tangga mencemari laut dan pantai utara Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Akibatnya pantai dan laut terlihat kumuh dan kotor.

Sampah dan limbah bukan saja terbawa aliran sungai ke laut, tapi juga disebabkan oleh warga sekitar yang selalu membuang sampah ke pantai dan laut. Kebiasaan yang sudah lama menyebabkan udara di pantai menjadi bau.

Warga beralasan di sekitar tinggal tidak ada bak sampah sehingga mereka terpaksa membuangnya ke laut dan pantai. Akibatnya pantai sepanjang hampir satu kilometer berubah menjadi tempat penampungan pembuangan sampah.

"Untuk mengatasi permasalahan sampah, TNI dan komunitas membuat tungku yang mampu menampung dan membakar sampah hingga 10 ton dalam waktu tiga jam," ujar bupati Tuban Aditya Halindra Farizky saat meninjau langsung sosialisasi dan peragaan penggunaan tungku sampah.

Ditambahkannya, hasil pembakaran sampah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan masalah sampah bisa teratasi.

Sementara itu, untuk mengatasi pencemaran pantai, pemkab Tuban melalui perubahan APBD 2021 telah menganggarkan penyediaan ponton penyapu sampah di bibir pantai dan akan membangun seratus titik tempat pembuangan sampah.(Hartono Ranggalawe/RLI/toz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral