Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Kemenko Ekonomi

Pemerintah Klaim Harga Bahan Pokok Relatif Stabil, Airlangga Hartarto: Harga Daging Sapi dan Ayam Turun

Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:32 WIB

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga mengatakan harga sejumlah komoditas pangan saat ini sudah relatif stabil meski inflasi pada Juli 2022 berada di angka 4,94 persen.

"Harga beras itu juga rata-rata masih kuat sekitar Rp10 ribu, daging sapi dan daging ayam pun sudah turun harganya," ujarnya saat mengikuti Rakornas inflasi di Istana Negara, Kamis, (18/8/2022).

Tidak hanya harga daging dan beras yang tetap stabil  dia mengklaim harga gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai merah seluruhnya mengalami penurunan signifikan.

"Demikian pula terkait dengan gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai merah, itu seluruhnya turun,” imbuh Airlangga.

Kendati demikian menurut Airlangga secara spasial, terdapat 30 provinsi yang realisasi inflasinya di atas nasional. Untuk itu ia meminta seluruh kepala daerah beserta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk menjaga tingkat inflasi di daerahnya.

“Para gubernur untuk ikut menjaga (inflasi) dan melalui TPID agar melakukan ekstra effort agar stabilisasi harga dapat dijaga,” ujarnya.

Airlangga juga meminta partisipasi pemerintah kabupaten kota untuk memperkuat TPID saat ini mencapai 78 persen, meningkat dari partisipasi tahun lalu yang sebesar 71 persen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
03:57
04:33
03:48
05:06
00:54
Viral