Johanis Tanak Terpilih sebagai Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Sumber :
  • tim tvOnenews/Julio Trisaputra

Terpilih Jadi Pimpinan KPK, Johanis Tanak Bakal Upayakan "Restorative Justice" di Kasus Korupsi

Rabu, 28 September 2022 - 19:29 WIB

Jakarta - Johanis Tanak terpilih sebagai pimpinan atau komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Lili Pintauli Siregar.

Dalam fit and proper test di Komisi III DPR, Johanis Tanak mengatakan akan mengupayakan restorative justice dalam kasus tindak pidana korupsi (tipikor) saat terpilih menjadi pimpinan KPK.

"Saya mencoba berpikir untuk restorative justice terhadap pemberantasan tindak pidana korupsi, restorative justice. Tapi apakah mungkin yang saya pikirkan itu dapat diterima, saya juga belum tahu. Harapan saya dapat diterima," jelas Johanis saat penalaran fit and proper test di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/9/2022). 

Ia berpendapat restorative justice dapat diterapkan tidak hanya dalam kasus tindak pidana umum, tetapi bisa pada kasus tipikor. 

"Hal itu sangat dimungkinkan berdasarkan teori ilmu hukum yang ada bahwasanya peraturan yang ada sebelumnya dikesampingkan oleh peraturan yang ada setelah itu," jelasnya. 

Ia menjelaskan akan menggunakan Undang-Undang No. 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Adapun BPK akan memberikan kesempatan selama 60 hari kepada pihak yang diduga melakukan kerugian keuangan negara untuk mengembalikan uang tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral