Ilustrasi Anak Sakit.
Sumber :
  • freepix

179 Anak Meninggal Dunia, BPKN Minta Pemerintah Beri Status KLB Kasus Gagal Ginjal Akut

Sabtu, 5 November 2022 - 18:49 WIB

Jakarta - Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) meminta Pemerintah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus gagal ginjal akut.  

Pasalnya, pihak BPKN telah mencatat ratusan korban meninggal dunia akibat kasus gagal ginjal akut dalam beberapa waktu belakangan.  

"Kalau kami data-data sekunder, primer kami, 179 yang sudah meninggal sampai hari kemarin atau hari ini masih belum ada tambahan," kata Wakil Ketua BPKN, M Mufti Mubarok saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (5/11/2022). 

Mufti menuturkan naasnya ratusan korban meninggal dunia itu mayoritas merupakan balita.  

Tak cukup sampai di situ, pihaknya turut serta memprediksi korban anak meninggal dunia akibat gagal ginjal akut bakal terus bertambah.  

Menurutnya, hal itu mungkin terjadi karena adanya korban yang sakit gagal ginjal akut, namun tidak mendapatkan perawatan di rumah sakit.  

"Balita rata-rata, dari 5 tahun ke bawah kan masih rentan balita itu. Ini kan korban meninggal diprediksi oleh perkiraan kita korban akan bertambah terus. Bisa sampai 300 perkiraan kita karena masih banyak yang masih dirawat, dan masyarakat yang tidak di rumah sakit enggak tahu meninggalnya di rumah atau di mana," ungkapnya.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:36
01:53
01:08
01:52
01:57
01:49
Viral