Relawan membersihan gulma enceng gondok di Sungai Kalibuntu, Kendal, Jawa Tengah, Selasa (5/10/21)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko

Biang Banjir Pantura, Enceng Gondok Dibasmi Relawan

Selasa, 5 Oktober 2021 - 11:32 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Memasuki awal musim hujan, sejumlah daerah mulai melakukan langkah antisipasi untuk meminimalisir potensi banjir.

Di Kendal Jawa Tengah, petugas BPBD bersama TNI dan instansi lainnya, serta relawan melakukan pembersihan tanaman enceng gondok yang menyumbat sungai. Enceng gondok selama ini menjadi salah satu faktor penyebab banjir. 

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, sesuai surat dari BMKG yang meminta semua daerah waspada ancaman kejadian hidrometrologi seperti banjir dan longsor, maka pihaknya melakukan antisipasi.

"Iya, mulai akhir September hingga April nanti semua diminta waspada. Maka kami juga akan membuat surat kepada kepada para kepala desa untuk mengantisipasi banjir dan longsor di wilayahnya masing-masing, khususnya di daerah yang rawan," jelas Sigit di sela pembersihan gulma enceng gondok di Sungai Kalibuntu, Selasa (5/10/21).

Pembersihan di Sungai Kalibuntu dilakukan karena menjadi langganan banjir di Kendal setiap musim hujan tiba.

Gulma enceng gondok di sungai ini cukup tebal dan luas. Bahkan menutup permukaan sungai hingga satu kilometer.

Pembersihan dilakukan dengan alat berat serta cara manual. Keberadaan enceng gondok inilah yang tahun lalu menjadi salah satu penyebab banjir di pantura Kendal hingga beberapa hari. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral