Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta melepas liarkan dua burung elang dilindungi, Rabu, 6/10/2021.
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Bebas! Dua Elang Dilindungi Ini Kini Terbang Lepas di Ekosistem Perbukitan Menoreh

Rabu, 6 Oktober 2021 - 20:01 WIB

Kulon Progo, DIY - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta bekerjasama dengan Wildlife Rescue Center Yogyakarta dan PT Pertamina (Persero) melepasliarkan dua burung elang dilindungi yang sudah mulai punah. 

Dua satwa burung yakni Elang Alap Jambul dengan nama latin Accipiter Trivirgatus dan Elang Brontok dengan nama latin Nisaetus Cirrhatus ini dilepasliarkan di Punthok Gondang, dusun Gunungkelir, kalurahan Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo pada Rabu (6/10/2021).

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M Wahyudi mengatakan, dua satwa burung yang dilepasliarkan oleh BKSDA Yogya di Kulonprogo masing-masing yakni elang brontok berasal dari Stasiun Flora dan Fauna Bunder di Gunungkidul.

Sedangkan, burung elang alap jambul berasal dari Wildlife Rescue Center di Kulonprogo. Kedua satwa dinilai sudah layak untuk dilepasliarkan ke alam bebas karena sudah memenuhi sejumlah indikator dari BKSDA Yogya bagi hewan untuk dilepas ke ekosistem di Perbukitan Menoreh.

"Kedua hewan dinilai sudah layak untuk dilepasliarkan. Kedua burung sudah terlihat kembali sifat liarnya. Assessment juga akan dilakukan oleh petugas (BKSDA) setiap hari. Laporan dari petugas nantinya bisa mengindikasikan bahwa burung sudah siap terbang di alam bebas," kata Wahyudi pada Rabu (6/10/2021).

Wahyudi mengatakan kedua satwa juga telah menunjukkan perilaku mengambil mangsa yang biasa dilakukan oleh satwa burung di alam bebas. Terlebih, satwa burung yang masuk kategori raptor.

"Pemilihan lokasi dilepasliarkannya dua satwa burung yang masuk kategori raptor tersebut juga sudah melalui upaya survei habitat oleh petugas kami. Upaya kajian tempat juga sudah dilakukan. Vegetasi di sini dinilai mendukung program konservasi," jelas Wahyudi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral