Mentan Syahrul mengajak generasi muda Pramuka agar pertanian naik kelas.
Sumber :
  • Istimewa

Mentan Syahrul Mengajak Generasi Muda Pramuka Agar Pertanian Naik Kelas

Minggu, 29 Januari 2023 - 09:19 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak gerakan Pramuka se-Sulawesi Selatan berkontribusi pada peningkatan produksi pangan.

Utamanya, para generasi muda juga diharapkan terlibat dan mengembangkan sistem pertanian yang naik kelas yang berskala ekonomi.

"Dalam benak kita, saya itu Pramuka, saya harus bela negara, saya harus siapkan generasi muda yang lebih baik dari saya. Tidak hanya nyanyi-nyanyi, tapi selesai rapat ini minimal ada gagasan untuk kembangkan pertanian, lahannya jelas di mana. Tidak perlu jauh, tapi saya mau lihat kita bisa lebih maju dengan pertanian," kata Mentan Syahrul saat memberikan arahan saat membuka Rapat Kerja (Raker) Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) di Hotel Claro, Makassar, Sabtu (28/1/2023).

Mentan Syahrul yang juga Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulsel juga mengatakan rapat kerja gerakan pramuka sangat penting untuk me-refshing kembali dan melahirkan konsepsi sebuah kontribusi anak bangsa dengan perencanaan program kegiatan yang akan datang yang terarah, terukur dan berkesinambungan.

"Rapat kerja itu adalah cara kita menyiapkan sebuah perencanaan satu tahun ke depan dengan baik, masa depan yang baik datang dari perencanaan yang baik, masa depan yang gagal datang dari perencanaan yang asal-asalan," ujarnya. 

"Perencanaan itu sangat penting karna dunia sudah berubah tidak sama dengan 2 atau 3 tahun lalu. Bahkan, tidak bisa diprediksi apa yang akan terjadi. Semua sudah unpredictable," kata Mentan Syahrul.

Dia menambahkan bahwa kondisi dunia sedang tidak biasa-biasa saja. Situasi ketidakpastian dunia ini ditambah lagi dampak perubahan iklim dan terjadinya ketegangan geopolitik dunia telah menyebabkan produksi dan distribusi pangan terganggu serta menyebabkan harga pangan semakin mahal yang dapat menyebabkan krisis pangan dunia. Namun, Indonesia mampu terus bertahan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral