Gendu dan Eko, Sopir Truk yang Viral karena Memaki Polisi Minta Maaf.
Sumber :
  • Ika Nurulla

Maki Polisi Saat PPKM Darurat, Dua Sopir Truk Kena Batunya

Selasa, 13 Juli 2021 - 14:03 WIB

Mojokerto, Jawa Timur -  Gendu Lukito Pribadi (35) warga Desa Janti, Kecamatan Tarik, Sidoarjo dan Eko (19) warga Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Mojokerto, terpaksa berurusan dengan polisi usai nekat memaki-maki petugas PPKM darurat di kawasan Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur.

Akibat ulahnya, pria yang bekerja sebagai sopir truk tangki air tersebut harus mempertanggungjawabkan video makian buatannya yang sudah viral di media sosial itu. Beruntung, oleh pihak Polres Mojokerto pelaku hanya diberi efek jera dan tidak diproses hukum.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander menjelaskan, Gendu dan Eko, sempat diamankan hanya untuk klarifikasi. Setelah mengaku bersalah dan meminta maaf ke polisi, kedua pelaku diizinkan pulang. Polisi melakukan restorative justice sehingga pelaku tidak diproses hukum.

"Pelaku mengaku kesal dengan penutupan jalan selama PPKM darurat. Ini menjadi pelajaran bagi kita semua agar bijak menggunakan medsos supaya tidak bermasalah dengan hukum," kata Dony dalam konferensi pers di Mapolres Mojokerto.

Dony menjelaskan, perbuatan keduanya sebenarnya merupakan tindak pidana ujaran kebencian melalui medsos. Polisi bisa saja menjerat mereka dengan pasal UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara dan atau denda maksimal Rp1 miliar.

Namun, Polres Mojokerto memilih memaafkan kedua pelaku. Terlebih lagi, Gendu dan Eko sudah mengaku bersalah dan meminta maaf ke polisi. Kepada petugas kedua pelaku mengaku dalam kondisi kesal dan capek sehingga melampiaskan emosi karena truk airnya tidak bisa masuk.

"Saya tidak benci dengan polisi, cuma kenapa jalan kok ditutup. Saya kan bawa air minum kebutuhan masyarakat untuk minum. Saya emosi karena harus muter-muter (untuk mencari jalan alternatif)," kata Gendu menceritakan kekesalannya sehingga memvideokan aksinya memaki polisi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral