Kriminolog Reza Indragiri Amriel.
Sumber :
  • tim tvOne

Penyebaran Konten Bunuh Diri, Pakar: Bisa Menular

Minggu, 12 September 2021 - 16:10 WIB

Jakarta - Kriminolog Reza Indragiri Amriel mengatakan bunuh diri dengan alasan dan motif apapun tidak dibenarkan. Aksi bunuh diri harus dilawan dengan menyebarkan kampanye positif untuk mencegah adanya penularan aksi bunuh diri dari individu satu ke individu lainnya.

"Tidak ada pembenaran untuk aksi bunuh diri. Dengan kata lain alasan apapun motif apapun tidak dipakai sebagai sebab pembenaran," kata Reza, Minggu.

Sebelumnya, seorang lelaki penghuni rumah susun Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, SS (29), nekat menghabisi nyawanya sendiri dengan gantung diri. Perbuatannya itu dia siarkan secara live melalui media sosial TikTok, Jumat (10/9) malam.

Reza menambahkan, semua pihak harus melawan aksi bunuh diri dengan menyebarkan kampanye positif. "Tujuannya untuk mencegah adanya penularan aksi bunuh diri dari satu individu ke individu lainnya," kata dia.

"Aksi bunuh diri menular bukan omong kosong, ilmuan memperkenalkan ada bunuh diri yang diakibatkan adanya penyeruan," lanjutnya lagi.

Reza khawatir, aksi bunuh diri bisa menular justru terfasilitasi dengan baik melalui media sosial. 

"Mari kita bayangkan tayangan pro bunuh diri disantap, dikunyah, dicerna oleh orang yang pada dasarnya sudah mempunyai masalah psikologis yang hebat. Akibatnya tidak tertutup kemungkinan perilakunya menjadi lebih impulsif," tegasnya. (Rizky Darmansyah/ito)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral