Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono.
Sumber :
  • Antara

Polri: Kewaspadaan Terhadap Kelompok Teroris Terus Diperkuat

Senin, 13 September 2021 - 12:05 WIB

Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri ttttBrigjen Pol Rusdi Hartono memastikan upaya antisipasi dan pengawasan di Tanah Air. Kewaspadaan atas pergerakan kelompok-kelompok terorisme juga terus diperkuat oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

"Densus bekerja terus. Terus mengantisipasi, terus memonitor tentang pergerakan kelompok teroris tidak hanya Jamaah Islamiyah saja, juga Jamaah Ansharud Daulah itu," kata Rusdi saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

"Semua kelompok radikal kami waspadai. Sekarang Densus juga lebih aktif, melihat gelagat, Densus sudah melakukan penindakan sebagai upaya pencegahan," tutur Rusdi.

Rusdi juga menegaskan, upaya mencegah dan menindak kelompok terorisme tidak bisa mengandalkan Densus sendiri, tapi butuh peran aktif masyarakat ditingkat bawah untuk menjaga wilayahnya menjadi tempat tinggal atau menetapnya anggota kelompok radikal tersebut.

Selain itu kalau banyak beredar di media sosial ajaran-ajaran yang cenderung menimbulkan kekerasan, intoleran tidak usah disimak. "Ini jadi bagian peran serta masyarakat," ucap Rusdi.

Rusdi mengakui, kelompok-kelompok teroris ini masih aktif bergerak di Tanah Air. Sebagaimana yang pernah diutarakan Pengamat Terorisme Universitas Indonesia Ridlwan Habib.

Ridlwan mengingatkan Polri adanya potensi perlawanan dari kelompok JI menyusul ditangkapnya Thoriqudin alias AR di Bekasi, Jumat (10/9). Menurut Rusdi, masih aktifnya gerakan kelompok teroris tersebut, Tim Densus 88 Antiteror Polri tidak mengendurkan upayanya melakukan pencegahan dan penindakan hukum. (ant/afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:14
02:13
03:28
00:58
06:16
01:54
Viral