Napi Lapas Kelas III Parigi Moutong.
Sumber :
  • Abdy Mari

Begini Pengakuan Napi Soal Kericuhan di Lapas Kelas III Parigi Moutong

Jumat, 8 Oktober 2021 - 05:41 WIB

Parigi Moutong, Sulawesi Tengah - Kericuhan yang terjadi di Lapas Kelas III Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Kamis (7/10), ternyata baru kali pertama terjadi di Sulawesi Tengah. Penyebabnya dipicu dari dugaan penganiayaan empat orang narapidana oleh lima oknum petugas sipir.

Menurut perwakilan narapidana Lapas Kelas III Parigi, Muhammad Rizal, mengaku kejadian tersebut merupakan tindakan spontanitas dan tidak ada diakibatkan provokasi. Kericuhan yang dilakukan para narapidana ini, kata dia, hanya ingin meminta keadilan atas dugaan penganiayaan tersebut.

"Kalau kami ada kesalahan, jangan langsung main pukul. Ini hanya persoalan sepele. Banyak hukuman lainnya yang siap kami terima kalau kedapatan menyimpan HP. Kami bukan binatang," ujar Rizal.

Menurutnya, Lapas merupakan tempat pembinaan dan bukan tempat penyiksaan. Sebagai warga binaan, kata dia, para narapidana siap untuk diberikan pembinaan agar menjadi manusia yang baik.

"Tidak ada niat kami mau lari dari Lapas ini. Kalau ingin lari, sejak dari tadi kami bisa melarikan diri," katanya.

Dia juga mengaku dugaan penganiayaan yang dilakukan petugas sipir sampai memasukan sepatu ke mulut narapidana. Bahkan, dugaan penganiayaan yang diberikan kepada narapidana sudah menjadi makan sehari-hari.

"Setiap hari kami disini dianiaya. Kami dibikin seperti binatang," tandasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral