Pesawat Hercules TNI-AU menjalankan misi kemanusiaan pemerintah Indonesia di Turki.
Sumber :
  • timtvOne - Fikri Syaukani

Pemerintah Turki Mulai Angkut Bantuan ke Daerah Terdampak Gunakan Pesawat Hercules TNI-AU

Rabu, 15 Februari 2023 - 16:07 WIB

Ankara, Turki - Pemerintah Turki mulai menggunakan pesawat Hercules milik TNI-AU untuk mendistribusikan bantuan ke sejumlah wilayah terdampak gempa. Pesawat Hercules merupakan salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk misi kemanusiaan di Turki.

Pesawat Hercules yang sebelumnya digunakan untuk mengangkut personil dan logistik bantuan dari Indonesia kini mulai difungsikan dan digunakan oleh pemerintah Turki untuk mobilisasi bantuan melalui udara.

Pesawat Hercules C-130 TNI AU yang diperbantukan kepada Pemerintah Turki sebagai pesawat kemanusiaan  dimulai dengan pengangkutan logistik dari bandara militer Etimesgut, Ankara, ke Kahramanmaras, salah satu daerah paling terdampak oleh bencana gempa bumi.

“Hari ini kita sudah mulai mengangkut logistik kemanusiaan dari Ankara ke Kahramanmaras, satu daerah paling terdampak. TNI AU bangga bisa ikut meringankan beban Saudara kita di Turki. Ini sesuai harapan Menhan dan pimpinan TNI saat memutuskan mengerahkan pesawat ini ke Turki”, terang Kolonel (PNB) Wisoko, Flight Commander, menjelaskan mengenai operasi kemanusiaan yang dilakukan pesawat dengan nomor registrasi A-1326 ini di Turki.

Lanjut Wisoko, pesawat Hercules yang digunakan oleh pemerintah Turki akan beroperasi 24 jam.

“Kami terus berkoordinasi dengan Angkatan Udara Turki dan AFAD untuk jadwal penerbangan-penerbangan berikutnya. Yang jelas kami siap membantu saudara kami 24 jam”, imbuh mantan Atase Pertahanan di KBRI Tokyo ini.

Sebelumnya Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, bantuan. Pemerintah Indonesia ke Turki adalah bantuan terbesar yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia di luar negeri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral