Mantan Presiden Irak, Saddam Hussein..
Sumber :
  • ndu.edu / Archive AP

Kisah Kematian Saddam Hussein yang Minta Alquran di Tiang Gantungan dan Ucapan Terakhir saat Eksekusi Mati

Kamis, 2 Maret 2023 - 16:08 WIB

tvOnenews.com - Saddam Hussein yang merupakan mantan Presiden Irak yang memimpin selama lebih dari dua dekade yang di masa akhir kehidupannya mati dengan cukup tragis

Ia dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung,. Kasus Saddam Hussein karena dinyatakan bersalah atas kejahatan terhadap kemanusiaan dan tuduhan dari Amerika Serikat terkait terkait produksi senjata pemusnah massal.

Siapa Saddam Hussein? Hussein merupakan mantan presiden Irak yang berkuasa pada periode tahun 1979 hingga 2003.  lahir pada 28 April 1937, di Tikrit, Irak. Ayahnya yang seorang penggembala menghilang beberapa bulan sebelum Saddam lahir. Beberapa bulan kemudian, kakak laki-laki Saddam meninggal karena kanker. 

Mengutip laman Biography, Kamis (2/3/2023), ketika Saddam lahir, ibunya, yang sangat tertekan oleh kematian putra sulungnya dan hilangnya suaminya, tidak dapat merawat Saddam secara efektif, dan pada usia tiga tahun, dia dikirim ke Baghdad untuk tinggal bersama pamannya, Khairallah Talfah. 

Bertahun-tahun kemudian, Saddam akan kembali ke Al-Awja untuk tinggal bersama ibunya, tetapi setelah menderita pelecehan di tangan ayah tirinya, dia melarikan diri ke Baghdad untuk tinggal lagi bersama Talfah.

Yang merupakan seorang Muslim Sunni yang taat dan nasionalis Arab yang bersemangat yang politiknya akan memiliki pengaruh besar pada Saddam muda.

Singkat cerita, Di perjalanan hidup dan karier politiknya. Saddam memaksa Presiden yang sakit untuk pensiun satu dekade kemudian, dan mengangkat dirinya sendiri sebagai pemimpin republik. Untuk memastikan kendalinya, Saddam memerintahkan eksekusi puluhan tentara berpangkat tinggi.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral