Kapal induk Amerika USS Gerald R. Ford mengemudi di Fjord Oslo, Norwegia, di sini dilihat dari Ekebergskrenten, Rabu (24/5/2023)..
Sumber :
  • APTN

Kapal Induk AS Tiba di Norwegia untuk Latihan

Kamis, 25 Mei 2023 - 14:15 WIB

Kopenhagen, tvOnenews.com - Kapal induk AS bertenaga nuklir, USS Gerald R. Ford tiba di Oslo hari Rabu waktu setempat. Kedatangan kapal induk AS ini disambut angkatan bersenjata Norwegia yang akan memberikan mereka "kesempatan unik untuk lebih mengembangkan kerja sama dan bekerja lebih dekat dengan sekutu terpenting Norwegia, Amerika Serikat."

USS Gerald R. Ford melintas fyord Oslo dengan dikawal oleh kapal tipe perahu cepat dengan personel bersenjata di dalamnya. Angkatan bersenjata Norwegia mengatakan setiap kapal harus berada dalam jarak setengah kilometer (setengah mil) dari kapal induk dan zona larangan terbang diberlakukan di atas area di mana kapal induk itu berada.

Administrasi Pesisir Norwegia mengatakan dua pilotnya berada di atas kapal untuk menavigasi saat kapal induk AS melintasi fyord sepanjang lebih dari 100 kilometer, dan ketinggian kapal yang mencapai 76 meter menjadi sebuah tantangan besar. Rabu malam, kapal induk berlabuh di pulau Ormoeya di bagian dalam fjord Oslo, tulis NTB.

USS Gerald R. Ford yang digambarkan sebagai kapal induk terbesar di dunia itu akan berada di ibu kota Norwegia hingga Selasa mendatang dan akan ambil bagian dalam latihan perang dengan angkatan bersenjata Norwegia.

Kehadiran USS Gerald R. Ford menarik perhatian publik di Oslo, beberapa orang terlihat menggunakan teropong untuk menyaksikan kapal induk besar melintasi fyord Oslo hingga akhirnya tiba di kota Oslo. 

Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Støre, mengatakan kepada kantor berita Norwegia NTB bahwa akan ada “reaksi yang dapat diprediksi dari Rusia terhadap hal ini,” Jonas menambahkan bahwa Oslo “melanjutkan garis yang telah dimiliki dalam beberapa tahun terakhir untuk menginginkan latihan dengan sekutu di perairan Norwegia. ” 

Kedutaan Besar Rusia di ibu kota Norwegia mengatakan bahwa "demonstrasi kekuatan seperti itu terlihat tidak masuk akal dan berbahaya."

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral