Konstruksi sedang berlangsung di Shell Pennsylvania Petrochemicals Complex dan pabrik cracker etilen pada 12 Mei 2020, di Potter Township, Pa..
Sumber :
  • APTN

Sebabkan Polusi Udara di Pabrik Petrokimia Pennsylvania, Shell Setuju Bayar 10 Juta Dolar AS

Kamis, 25 Mei 2023 - 15:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Shell setuju untuk membayar 10 juta dolar AS sebagai ganti rugi atas pencemaran udara di pabrik petrokimia barunya yang besar di Pennsylvania, Amerika Serikat. Pengumuman ini dibuat oleh pemerintahan Gubernur Josh Shapiro pada hari Rabu.

Shell mengakui bahwa pabrik yang terletak di sepanjang Sungai Ohio sekitar 30 mil (48 kilometer) di luar Pittsburgh melanggar batas emisi udara, demikian diumumkan oleh pejabat. Fasilitas bernilai miliaran dolar tersebut dibuka pada bulan November, namun ditutup beberapa bulan kemudian setelah perusahaan mengidentifikasi masalah dengan sistem pembakaran gas yang tidak diinginkan.

Shell mengatakan telah melakukan perbaikan dan berencana untuk memulai kembali aktivitas pabrik pada hari Rabu.

Dalam kesepakatan dengan Departemen Perlindungan Lingkungan Pennsylvania, Shell Chemicals Appalachia LLC (anak perusahaan dari perusahaan minyak dan gas raksasa Inggris Shell plc) akan membayar denda administratif sekitar 5 juta dolar AS, sebagian di antaranya akan digunakan untuk proyek lingkungan di Beaver County. Menurut pejabat Negara, perusahaan akan menyumbangkan total 6,2 juta dolar AS kepada masyarakat.

Pemerintah Pennsylvania "melakukan langkah-langkah untuk mempertanggungjawabkan kasus Shell ini dan melindungi hak konstitusional warga Pennsylvania untuk mendapatkan udara dan air bersih, sambil mendorong inovasi dan pembangunan ekonomi di wilayah tersebut," kata Rich Negrín, sekretaris lingkungan Negara bagian tersebut dalam pernyataan tertulis.

Pabrik shell tersebut menggunakan etana dari cadangan gas alam yang luas di bawah Pennsylvania dan Negara bagian sekitarnya untuk memproduksi polietilena, sebuah plastik yang digunakan dalam berbagai macam kemasan konsumen, makanan, hingga ban. Pabrik ini diperkirakan dapat menghasilkan 3,5 miliar pon (1,6 miliar kilogram) polietilena setiap tahunnya saat beroperasi penuh. Shell memproyeksikan pengeluaran sebesar 6 miliar dolar AS untuk membangun pabrik tersebut, yang memakan waktu bertahun-tahun.

Kelompok advokasi lingkungan telah melawan pembangunan pabrik ini dan memprediksi bahwa pabrik ini akan menghasilkan lebih banyak polusi plastik, serta senyawa yang membentuk kabut asap dan gas rumah kaca yang memanaskan planet. Clean Air Council telah mengajukan gugatan terhadap Shell pada awal bulan ini. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral