Seorang pria memeriksa pijakannya saat dia mengarungi Morris Canal Outlet di Jersey City, NJ, saat matahari terbenam di cakrawala Manhattan yang lebih rendah di New York City (31/5/2023)..
Sumber :
  • APTN

New York Akan Tenggelam Karena Keberatan Bangunan, Ini Hasil Penelitiannya

Senin, 29 Mei 2023 - 15:47 WIB

New York, tvOnenews.com - Penelitian baru-baru ini mengungkap hal mengerikan tentang kota New York, Amerika Serikat. Kota metropolis ini diprediksi perlahan akan tenggelam karena keberatan beban bangunan. Kota tersebut memiliki lebih dari 1 juta bangunan yang tersebar di lima titik dengan bobot total sekitar 1,7 triliun ton, termasuk beton, logam.

Ini sama dengan 4.700 bangunan Empire State menekan bumi. Penelitian baru memperkirakan daratan kota New York akan tenggelam dengan kecepatan rata-rata 1 hingga 2 milimeter per tahun. Proses itu terjadi alami, namun beban bangunan akan mempercepat segalanya. 

Bangunan pencakar langit Midtown Manhattan sebagian besar dibangun di atas batu, sehingga tingkat kompresi atau tekanannya lebih sedikit dibandingkan di beberapa lokasi lain seperti Brooklyn, Queens, dan pusat kota Manhattan yang berada di tanah yang lebih longgar sehingga lebih cepat tenggelam, ungkap penelitian tersebut. 

Meski prosesnya lambat hingga ratusan tahun, kepala peneliti Tom Parsons dari U.S. Geological Survey mengatakan sebagian kota pada akhirnya akan terendam air. 

“Itu tidak bisa dihindari. Tanah turun, dan air naik. Pada titik tertentu, kedua tingkat itu akan bertemu,” kata Parsons.  

“Ada banyak beban di sana, banyak orang di sana,” kata Parsons, merujuk secara khusus ke Manhattan. 

"Ketinggian rata-rata di bagian selatan pulau hanya 1 atau 2 meter di atas permukaan laut - sangat dekat dengan garis air, sehingga ini menjadi perhatian khusus."

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:11
05:51
01:35
02:53
01:13
01:10
Viral