Ilustrasi - Warga Palestina duduk di tenda darurat di tengah puing-puing rumah yang hancur di Gaza, Minggu (23/5/2021)..
Sumber :
  • REUTERS

Israel Gempur Kamp Palestina di Gaza

Rabu, 16 Juni 2021 - 09:25 WIB

Gaza - Stasiun radio milik Hamas melaporkan bahwa pesawat Israel menggempur kamp pelatihan Palestina di Jalur Gaza pada Rabu, serangan pertama Israel di wilayah kantong sejak gencatan senjata mengakhiri 11 hari pertempuran sengit pada Mei lalu.

Gempuran itu dilakukan setelah ada peluncuran balon-balon api dari Gaza pada Selasa (15/6). Menurut dinas pemadam kebakaran Israel, balon-balon itu memunculkan 20 titik kebakaran di lapangan terbuka di dekat perbatasan.

Peluncuran balon balon api itu merupakan bentuk kegeraman rakyat Palestina atas digelarnya pawai nasionalis Israel di Yerusalem Timur. Sebelumnya, Hamas juga mengancam akan bereaksi menanggapi pawai bendera Israel yang melalui Yerusalem Timur.

Perdana Menteri Israel yang baru, Naftali Bennett, mengatakan di masa lalu pemerintah Israel seharusnya tidak bersikap memaklumi terhadap aksi peluncuran balon-balon api, dan harus melakukan aksi balasan kalau Hamas menembakkan roket ke Israel.
 
Sementara itu, Militer Israel membenarkan bahwa pesawat-pesawat mereka menggempur kompleks bersenjata Hamas di Jalur Gaza pada Rabu, sebagai aksi balasan atas peluncuran balon-balon api dari wilayah tersebut. Peluncuran balon api itu menimbulkan sejumlah titik kebakaran di lapangan di Israel selatan.

Melalui pernyataan, militer Israel mengatakan bahwa pihaknya "siap untuk semua skenario, termasuk pertempuran baru dalam menghadapi tindakan teroris berkelanjutan yang berasal dari Gaza."

Serangan tersebut juga merupakan yang pertama diluncurkan oleh Israel dan petempur Gaza sejak gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir menyudahi 11 hari pertempuran sengit pada Mei. (ito/reuters)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral