Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Men) saat Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Puncak Haji Wukuf di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) 1444 H/2023 Masehi.
Sumber :
  • ANTARA

Pimpin Rapat Evaluasi Jelang Puncak Haji, Menag: Kami Akan Dorong Agar Jemaah Lansia Tidak Memaksakan Diri

Senin, 26 Juni 2023 - 06:16 WIB

Mekkah, tvOnenews.com - Menteri Agama yang juga sebagai Ketua Amirul Hajj Indonesia Yaqut Cholil Qoumas atau yang biasa disapa Gus Men memimpin rapat evaluasi persiapan pelaksanaan puncak haji wukuf di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) terkait pelayanan, khususnya untuk jamaah haji lanjut usia (lansia).

Pada rapat yang dilakukan di Kantor Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Minggu (25/6/2023) Waktu Arab Saudi tersebut memberikan catatan kecil dan menilai secara keseluruhan persiapan jelang puncak haji sudah berjalan lancar dan baik.

Sejumlah catatan tersebut akan ditangani dan dimaksimalkan dalam waktu cepat dan singkat salah satunya terkait skema pengkondisian jamaah haji lansia.

"Ada berapa skema yang kami lakukan untuk jamaah haji yang lansia. Bagi yang mampu akan kami dampingi. Kemudian yang tidak memiliki kemampuan akan kita safari wukufkan. Kalau tidak kuat untuk safari wukuf, akan badalkan," kata Menag yang akrab dipanggil Gus Men.

Menag mengimbau jamaah haji lansia untuk tidak memaksakan diri ke jamarat dan para petugas haji akan membadalkan jamaah haji lansia.

"Tidak usah memaksakan diri. Dari semua ibadah, aspek utama adalah keamanan jiwa. Kami akan dorong agar jamaah lansia tidak memaksakan diri," kata Gus Men.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral