Dalam gambar dari video yang dirilis oleh Angkatan Udara AS ini, Su-35 Rusia terbang di dekat drone MQ-9 Reaper Angkatan Udara AS pada 5 Juli 2023, di atas Suriah..
Sumber :
  • APTN

Pesawat Tempur Rusia Terbang Sangat Dekat Pesawat Tempur AS di Suriah

Selasa, 18 Juli 2023 - 19:50 WIB

tvOnenews.com - Sebuah pesawat tempur Rusia terbang sangat dekat dengan pesawat pengintai Amerika Serikat di wilayah Suriah, hingga membuat pesawat Amerika Serikat itu mengalami turbulensi dan membahayakan nyawa empat kru yang ada di dalamya. Hal ini diungkaplan oleh pejabat Amerika Serikat pada Senin waktu setempat.

Pejabat Amerika Serikat itu menambahkan bahwa insiden yang terjadi pada hari Minggu tepat sebelum tengah hari Waktu Wilayah Timur, adalah eskalasi yang signifikan antara pesawat tempur Amerika Serikat dan Rusia di kawasan Suriah dalam beberapa pekan terakhir. 

Intersepsi yang dilakukan oleh Su-35 milik Rusia mengganggu prajurit angkatan udara Amerika Serikat dalam mengoperasikan pesawat MC-12. Pejabat tersebut juga mengatakan hal tersebut adalah langkah berbahaya yang dapat mengakibatkan kecelakaan atau kematian.

Dalam beberapa pekan terakhir, pesawat tempur Rusia telah berulang kali mengganggu drone MQ-9 Amerika Serikat, tetapi insiden terbaru ini meningkatkan peringatan karena dapat mengancam nyawa.

Namun tidak ada informasi mengenai seberapa dekat pesawat tempur Rusia dengan Amerika Serikat itu. MC-12, pesawat bermesin ganda yang selalu digunakan oleh pasukan operasi khusus, diketahui tengah melakukan pengintaian terhadap kelompok ISIS di Suriah.

Dalam beberapa kejadian yang terjadi dua pekan terakhir, pesawat tempur Rusia terbang sangat dekat dengan MQ-9, memicu diaktifkannya suar serta memaksa drone tersebut melakukan manuver.

Amerika Serikat saat ini diketahui tengah memperhitungkan langkah militer untuk menanggapi agresi Rusia yang meningkat di wilayah udara Suriah, yang mana mempersulit upaya Amerika Serikat untuk menyerang ketua Kelompok ISIS awal bulan ini. Namun, akhirnya Amerika Serikat dapat melancarkan serangan dan menewaskan para militan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral