Ribuan orang Armenia eksodus keluar dari Nagorno-Karabakh setelah militer Azerbaijan merebut kembali kendali penuh atas wilayah yang memisahkan diri itu..
Sumber :
  • APTN

Azerbaijan Kembali Merebut Wilayah Nagorno-Karabakh, Ribuan Orang Armenia Melarikan Diri

Senin, 25 September 2023 - 18:38 WIB

tvOnenews.com - Ribuan warga Armenia eksodus keluar dari Nagorno-Karabakh setelah militer Azerbaijan merebut kembali kendali penuh atas wilayah yang memisahkan diri itu.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan mengunjungi Azerbaijan Senin untuk menunjukkan dukungan kepada sekutunya.

Militer Azerbaijan mengusir pasukan Armenia dalam serangan 24 jam pekan lalu, memaksa pihak berwenang separatis setuju untuk meletakkan senjata dan memulai pembicaraan tentang "reintegrasi" Nagorno-Karabakh ke Azerbaijan setelah tiga dekade pemerintahan separatis.

Putaran kedua pembicaraan antara pejabat Azerbaijan dan perwakilan separatis dimulai di Khojaly Selasa setelah pertemuan pembukaan pekan lalu.

Sementara Azerbaijan berjanji untuk menghormati hak-hak etnis Armenia di wilayah tersebut dan memulihkan pasokan setelah blokade 10 bulan, banyak penduduk setempat takut akan pembalasan dan mengatakan mereka berencana untuk pergi ke Armenia.

Pemerintah Armenia mengatakan bahwa 4.850 penduduk Nagorno-Karabakh telah melarikan diri ke Armenia pada Senin tengah hari.

"Itu adalah mimpi buruk. Tidak ada kata-kata untuk dijelaskan. Desa itu dibombardir habis-habisan. Hampir tidak ada yang tersisa di desa," kata salah satu pengungsi yang berbicara kepada The Associated Press di kota Kornidzor Armenia dan menolak menyebutkan namanya karena alasan keamanan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral