Presiden Xi Jinping di Bandara Internasional San Francisco untuk pertemuan puncak dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, dan Pertemuan Pemimpin APEC. Xi diterima oleh Gubernur California Gavin Newsom, Menkeu AS Janet Yellen..
Sumber :
  • Antara

Tegas, Xi Jinping Minta AS Tidak Provokatif

Kamis, 16 November 2023 - 13:35 WIB

tvOnenews.com - Presiden China Xi Jinping minta Presiden AS Joe Biden agar menahan diri dan tidak bertindak gegabah. Hal ini diungkapkan Xi Jinping melalui keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri China yang diterima di Beijing, Kamis.

"Penting bagi China dan Amerika Serikat untuk saling menghargai prinsip dan garis batas satu sama lain, serta menahan diri untuk tidak bertindak gegabah, bersikap provokatif dan melewati batas," kata Presiden Xi Jinping.

Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden AS Joe Biden pada Rabu (15/11) waktu setempat di Filoli Estate, San Francisco, AS pada sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC).

"Perbedaan pendapat tidak boleh menjadi jurang pemisah yang memisahkan kedua negara. Sebaliknya, kedua belah pihak harus mencari cara untuk membangun jembatan yang membantu China dan AS berjalan beriringan," tutur Presiden Xi.

Xi Jinping meminta agar terjadi lebih banyak komunikasi, berdialog dan konsultasi, serta sikap tenang menangani berbagai perbedaan dan situasi yang terjadi.

"China dan Amerika Serikat mempunyai kepentingan yang sama dalam berbagai bidang, termasuk bidang tradisional seperti ekonomi, perdagangan dan pertanian, serta bidang-bidang yang sedang berkembang seperti masalah perubahan iklim dan kecerdasan buatan (AI)," lanjut Presiden Xi.

Xi Jinping juga menegaskan penting sekali dalam menggunakan sepenuhnya mekanisme baru dalam politik luar negeri, ekonomi, keuangan, perdagangan, pertanian dan bidang lainnya dan didukung dengan kerja sama di bidang lain seperti pemberantasan narkotika, peradilan dan penegakan hukum, AI maupun ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral