Ilustrasi.
Sumber :
  • Pexel.com

HAM Telah Mati Usai Partai Anti-Islam Memenangkan Pemilu Belanda

Sabtu, 25 November 2023 - 16:03 WIB

Amsterdam, tvOnenews.com - Kemenangan Partai Kebebasan (PVV) yang berhaluan kanan ekstrem dan anti-Islam dalam pemilu di Belnada, Amnesti Internasional menilai "hak asasi manusia kalah".

"Kemarin hak asasi manusia kalah. Sebuah partai rasis memenangkan pemilu Belanda. Partai ini melabeli sebagian masyarakat dengan inferior dan mengucilkannya," kata kelompok HAM dalam media sosial X.

Amnesti Internasional juga menyoroti jika kemenangan mereka menunjukkan bahwa manifesto pemilu partai pimpinan Greet Wilders  itu melemahkan supremasi hukum dan konstitusi.

Meski demikian Amnesti Internasional akan terus berkomitmen untuk terus memperjuangkan hak asasi manusia bagi semua orang.

Pada pemilu 2021, PVV yang memenangkan 17 kursi dalam parlemen, menambah jumlah kursi menjadi 37.

Partai sayap kanan lain, Forum for Democracy yang dipimpin Thierry Baudet, kehilangan lima kursi dibandingkan pemilu 2021, sehingga kursinya berkurang menjadi tiga. Sedangkan perolehan kursi Partai JA21 turun dari 3 menjadi 1.

Jumlah anggota parlemen Partai Sosialis pimpinan Lilian Marijnissen, berkurang 4 kursi  dibandingkan pemilu 2021 menjadi 5 kursi.

Farmers' Citizen Movement Party yang memperoleh kursi terbanyak di Senat Belanda dan meraih satu kursi di DPR pada 2021, kini memperoleh 7 kursi. (ant/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral