Korea Utara Krisis Pangan.
Sumber :
  • Reuters

Korea Utara Dihantam Krisis Pangan, Harga Kopi Sebungkus Rp1,4 Juta

Jumat, 25 Juni 2021 - 16:01 WIB

Pyongyang, Korea Utara - Korea Utara (Korut) dihantam krisis pangan. Akibatnya, sejumlah produk makanan pun mengalami lonjakan harga. Bahkan, harga sebungkus kopi setara dengan Rp1,4 juta.

Harga sebungkus teh juga naik tajam hingga sekitar Rp1 juta. Sementara 1 kilogram pisang dijual setara dengan Rp650.000.

Tak hanya harga pangan, harga kebutuhan sehari-hari juga melambung tinggi. Salah satunya sampo yang kini dijual dengan harga setara Rp2,8 juta.

Selain karena badai yang menghantam Korea Utara tahun lalu, krisis pangan ini juga merupakan akibat anjloknya perdagangan dengan Cina, termasuk untuk makanan dan bahan bakar. Impor dari Cina tak lagi berjalan setelah Korea Utara menutup perbatasannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di negaranya.

Pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un, telah mengakui secara resmi mengenai adanya krisis pangan di negaranya. Kim berjanji akan mengerahkan segala cara untuk meminimalkan krisis pangan. Pemimpin otoriter tersebut juga berbicara tentang situasi pangan di komite pusat Partai Buruh yang berkuasa, dimulai minggu ini di ibu kota Korea Utara, Pyongyang. (reu/glo/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral