Hubungan Bilateral Israel-Uni Emirat Arab.
Sumber :
  • viva.co.id

Israel Makin Mesra dengan Uni Emirat Arab

Rabu, 30 Juni 2021 - 09:35 WIB

Abu Dhabi, Uni Emirat Arab - Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) pekan ini kembali membuat kesepakatan kerja sama bilateral yang membuat kedua Negara menjadi makin mesra.

Konsensus ini disepakati dalam kunjungan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid ke Abu Dhabi. Menlu Israel berada di Abu Dhabi selama dua hari hingga rabu (30/6). Kunjungan perdana pejabat Israel tingkat menteri ke Uni Emirat Arab ini untuk meresmikan konsulat Israel di UEA. Selain itu Menlu Israel juga menandatangani kesepakat kerja sama ekonomi. Ini merupakan kesepakatan ke-12 yang disetujui Israel-Uni Emirat Arab sejak tahun lalu.

Tahun lalu UEA berdamai dengan Israel dan secara resmi menjalin hubungan diplomatik di bawah Perjanjian Ibrahim yang dimediasi oleh Amerika Serikat di masa pemerintahan Presiden Donald Trump.

Sebelumnya negara negara Liga Arab tidak mengakui Israel ataupun menjalin hubungan diplomatik sehubungan sengketa Israel dengan Palestina. Namun saat ini sudah enam negara di kawasan Arab yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, yakni Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, Maroko, Yordania, dan Mesir.

Kemesraan Israel-UEA akan berlanjut Oktober mendatang saat digelarnya pameran tingkat dunia Expo 2020 Dubai. Menlu Israel Yair Lapid dijadwalkan akan kembali mengunjungi Uni Emirat Arab untuk mengunjungi perhelatan tersebut. Tidak hanya itu Israel juga telah membangun pavilion di Dubai sehubungan dengan pameran Expo 2020. (reu/irw/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral