Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.
Sumber :
  • ANTARA/Anadolu

Ukraina Gandeng Italia dan Kanada Jalin Kerja Sama Keamanan

Minggu, 25 Februari 2024 - 19:05 WIB

Ukraina, tvOnenews.com - Pada Sabtu (24/2/2024) waktu setempat, Ukraina menandatangani perjanjian kerja sama keamanan dengan Italia dan Kanada, di tengah negara itu memasuki tahun ketiga perang dengan Rusia.

“Pertemuan kami dengan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni selalu bermakna. Hari ini kami mendapatkan hasil yang penting. Kami menandatangani perjanjian kerja sama keamanan bilateral antara Ukraina dan Italia,” tulis Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam unggahannya di akun media sosial X @ZelenskyyUa.

Zelenskyy dan Meloni membahas dukungan lebih lanjut untuk Ukraina dalam konteks Kepresidenan G7 Italia.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Italia atas dukungannya terhadap Ukraina, termasuk dalam kemampuan pertahanan kami dan upaya pemulihan, serta persetujuan bantuan militer hingga akhir 2024,” tambahnya.

Zelenskyy juga mengumumkan penandatanganan perjanjian kerja sama keamanan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang mengalokasikan lebih dari 2,2 miliar dolar Amerika Serikat (sekitar Rp34,3 triliun) bantuan keuangan dan pertahanan pada 2024.

Selain itu, ia menghadiri pertemuan dengan Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo.

“Kita harus tetap aktif dalam integrasi Ukraina di Eropa. Bersama-sama, kita harus mengatasi setiap perselisihan di Eropa dan membela Eropa dari segala bentuk agresi Rusia terhadap Eropa. Eropa kita adalah dan akan tetap menjadi pemimpin global,” tulis Zelenskyy.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral