Dampak Terjagan Topan Rai di Filipina.
Sumber :
  • Reuters

Sedikitnya Hampir 400 Orang Tewas dan 1,8 Juta Warga Terdampak Topan Rai yang Melanda Filipina

Kamis, 23 Desember 2021 - 06:43 WIB

Siargao, Filipina - Sejauh ini hampir 400 orang tewas dan 1,8 juta warga terdampak akibat terjangan topan Rai yang melanda Filipina. Provinsi Surigao del Norte adalah salah satu wilayah yang paling parah terdampak terjangan topan Rai.

Menurut salah satu warga di sana, kerusakan yang ditimbulkan sangat parah ditambah persediaan makanan yang menipis sehingga memicu terjadinya penjarahan. Warga menganggap terjangan topan Rai ini adalah salah satu bentuk krisis iklim yang tengah terjadi di bumi.

Berdasarkan data kantor perwakilan PBB di Filipina, topan Rai menewaskan hampir 400 orang dan 1,8 juta warga terdampak, 63 ribu diantaranya terpaksa mengungsi. Topan Rai dianggap sebagai topan terkuat yang menerjang Filipina di tahun ini.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte telah memerintahkan seluruh otoritas terkait untuk memperbaiki jaringan listrik dan komunikasi serta menjanjikan bantuan ratusan juta Dolar.

Bantuan internasional turut berdatangan termasuk dari Jepang dan China ditambah dengan bantuan dari PBB. (reu/andika/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
Viral