Massa melakukan demonstrasi di Jakarta pada 30 November 2012 untuk menuntut PBB memberi pengakuan kepada Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat..
Sumber :
  • Antara

Indonesia Tidak Akan Buka Hubungan Diplomatik Dengan Israel

Jumat, 12 April 2024 - 01:10 WIB

tvOnenews.com - Isu yang menyatakan Indonesia akan menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel agar bisa diterima sebagai anggota Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), dibantah oleh Juru Bicara Kemlu Lalu Muhamad Iqbal.

“Saya tegaskan bahwa hingga saat ini, tidak ada rencana untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, terlebih di tengah situasi kekejaman Israel di Gaza saat ini,” kata Juru Bicara Kemlu Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangannya pada Kamis malam.

“Indonesia akan selalu konsisten, berada di garis terdepan membela hak-hak bangsa Palestina,” tuturnya.

Mengenai keberlangsungan keanggotaan Indonesia di OECD, Iqbal mengatakan bahwa prosesnya akan memerlukan waktu yang cukup panjang. Peta jalan keanggotaan Indonesia di OECD direncanakan akan diadopsi pada Mei mendatang dan banyak hal yang harus disiapkan oleh Indonesia.

“Waktu yang diperlukan setiap negara untuk menyelesaikan proses keanggotaan penuh di OECD berbeda-beda. Semua tergantung kesiapan negara tersebut,” ujar dia.

Beberapa negara memerlukan waktu tiga hingga lima tahun dalam proses keanggotaannya. Iqbal mengaku tidak bisa memastikan kapan Indonesia akan diterima menjadi anggota penuh OECD.(ant/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral