Seorang sukarelawan berinteraksi dengan anak-anak selama kegiatan stimulasi dan bantuan psikologis di sebuah sekolah yang berafiliasi dengan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB.
Sumber :
  • ANTARA

PBB: Serangan Tak Berperasaan Israel Buat 80 Persen Sekolah di Jalur Gaza Palestina Hancur  

Sabtu, 20 April 2024 - 15:55 WIB

Jenewa, tvOnenews.com - Tim Ahli Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengecam keras Israel yang melakukan penghancuran sistem pendidikan atau sekolah di Palestina secara sistematis di tengah serangan bertubi-tubi di Jalur Gaza.

Bahkan, lebih dari 80 persen sekolah di Jalur Gaza Palestina telah rusak atau hancur akibat serangan yang dilakukan Israel.

"Amat wajar untuk mempertanyakan apakah memang ada upaya yang disengaja untuk secara sistematis menghancurkan sistem pendidikan di Palestina atau skolastisida," ujar keterangan dari para ahli PBB tersebut.

Istilah skolastisida (scholasticide) merujuk pada pemusnahan sistem pendidikan secara sistematis melalui penangkapan dan pembunuhan guru, siswa, dan staf sekolah, serta penghancuran infrastruktur pendidikan.

Para ahli mendesak Israel untuk menghormati hukum kemanusiaan dan hukum HAM internasional serta menjamin perlindungan institusi pendidikan, guru, maupun siswa.

"Kami juga mengingatkan Israel atas kewajibannya mematuhi putusan sementara Mahkamah Internasional (ICJ) pada 26 Januari," kata kelompok ahli.

Kelompok ahli itu, yang anggotanya mencakup pelapor khusus PBB untuk hak mendapatkan pendidikan dan untuk situasi di wilayah Palestina yang diduduki sejak 1967, juga memperingatkan dampak jangka panjang atas penghancuran sistem pendidikan Gaza.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral