Seorang pelari estafet menerima obor saat perayaan estafet obor Olimpiade Tokyo 2020.
Sumber :
  • Antara

Jelang Olimpiade Tokyo 2021 , Jurnalis Asing Mulai Berdatangan

Selasa, 6 Juli 2021 - 14:48 WIB

Tokyo, Jepang - Olimpiade Tokyo 2021 dipastikan tetap berlangsung mulai 23 Juli mendatang meski pandemi Covid-19 belum berakhir. Para jurnalis peliput dari berbagai negara di dunia mulai berdatangan dan harus menjalani protokol kesehatan yang sangat ketat.

Sebelum terbang ke Tokyo jurnalis harus menjalani tes Swab Covid-19 di negara masing masing. Kemudian para jurnalis harus mempelajari aturan ketat peliputan yang diatur dalam buku setebal 68 halaman.

Begitu mendarat di Jepang para jurnalis harus mengunduh dua aplikasi dari Kementrian Kesehatan Jepang dan Komite penyelenggara Olimpiade untuk mengisi data. Lalu menjalani pemeriksaan ketat selama dua jam di Bandara, termasuk pemeriksaan air liur.

Sebelum pemeriksaan air liur, para jurnalis dilarang makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Saat tes air liur menunjukan hasil negatif Covid-19 barulah jurnalis mendapat kartu hijau untuk bisa melakukan peliputan di Olimpiade Tokyo 2021.

Tak berhenti sampai distu,  para jurnalis masih harus menjalani karantina selama 14 hari sejak kedatangan di Jepang. Setelah selesai karantina dan mulai bersiap melakukan tugas peliputan, para jurnalis harus memberitahukan semua kegiatan mereka secara detil kepada para petugas Olimpiade.

Olimpiade Tokyo harusnya berlangsung tahun 2020 lalu namun terpaksa ditunda karena pandemi Covid-19. Awalnya penundaan hanya berlangsung beberapa bulan saja dari rencana awal dan Olimpiade tetap berlangsung masih di tahun 2020. Tetapi penyelenggara kemudian memutuskan penundaan untuk kali kedua sehingga Olimpiade berlangsung di tahun berikutnya.  (Reuters/Irw/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral